Unej Buka Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan dan Peternakan

Baca Juga :

JEMBER - Universitas Jember (Unej) membuka dua program studi baru, Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan, dan Program Studi Peternakan.

Kepastian pembukaan dua program studi baru di jenjang sarjana (S1) ini diperoleh setelah Universitas Jember menerima Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi nomor : 135/KPT/I/2018 tentang pembukaan program studi baru di Universitas Jember.

Kabar gembira ini disampaikan langsung oleh Agung Purwanto, Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember di Kampus Tegalboto, Kamis (15/2/2018). Menurut Agung, Program Studi Konstruksi Perkapalan berada di Fakultas Teknik, sementara Program Studi Peternakan masuk ke Fakultas Pertanian, yang ada di Universitas Jember Kampus Bondowoso.

Agung lantas menambahkan, pembukaan kedua program studi tersebut tidak lepas dari upaya pengembangan potensi lokal yang ada di Jember dan sekitarnya. Misalnya saja untuk Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan, selain mempelajari mengenai desain kapal, kekuatan material, proses produksi perkapalan, hidrodinamika, dan mata kuliah lainnya, program studi ini akan fokus pada pengembangan kapal kayu, dan kapal berbahan fiberglass untuk kebutuhan nelayan dan pariwisata.

“Pantai di Jember dan sekitarnya termasuk dalam lingkup Laut Selatan Jawa yang memiliki potensi perikanan dan pariwisata yang besar, namun memiliki karakteristik yang berbeda dengan Laut Utara Jawa. Bertolak belakang dari potensi ini kami berusaha untuk memberikan kontribusi melalui pengembangan kapal yang cocok untuk pantai di Laut Selatan Jawa,” imbuh Agung Purwanto.

Sementara untuk Program Studi Peternakan, proses belajar mengajar dilaksanakan di Universitas Jember Kampus Bondowoso. Pemilihan lokasi di Bondowoso juga tidak lepas dari  potensi Bondowoso yang selama ini sudah terkenal sebagai daerah yang menjadi sentra peternakan, khususnya sapi di Jawa Timur.

“Pemerintah Kabupaten Bondowoso sudah berkomitmen akan membangun fasilitas pengembangan peternakan terpadu di lokasi yang tidak jauh dari kampus kita yang berada di daerah Poncogati. Sehingga diharapkan keberadaan Program Studi Peternakan ini bakal memberikan manfaat nyata bagi pengembangan peternakan di Bondowoso, dan Tapal Kuda secara umum,” tuturnya.

Selain bersinergi dengan pemerintah kabupaten Bondowoso di bidang peternakan, Universitas Jember telah menjalin kerjasama dengan Taman Nasional Baluran dalam bidang konservasi banteng dan penelitian persilangan banteng dengan sapi guna mendapatkan bibit sapi unggul. Rintisan kerjasama ini ditandai dengan pertemuan antara peneliti Universitas Jember dengan pihak Taman Nasional Baluran tanggal 12 Desember 2017 lalu di Kampus Tegalboto.   

Dengan telah turunnya ijin pembukaan Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan, dan Program Peternakan kini Universitas Jember memiliki 56 program studi di jenjang sarjana. 

“Kami sudah mengirimkan surat permohonan kepada Panitia Pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), agar kedua program studi tadi dapat dipilih oleh siswa saat pendaftaran kedua jalur tersebut dimulai. Namun jika belum bisa diakomodasi, maka berarti pendaftaran mahasiswa baru untuk kedua program studi tadi melalui jalur mandiri atau yang di Universitas Jember disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya atau SBMPTBR,” pungkasnya.

COMMENTS

Name

bangkalan,5,Banyuwangi,178,Blitar,14,bojonegoro,8,Bondowoso,16,bonek,2,Bulog,1,Catatan Redaksi,9,Dimas Kanjeng,11,Economy,130,edinarcoin,10,ekonomi,14,familysiana,2,Fresh Graduate,23,gaya hidup,85,Goverment News,313,gresik,1,gubernur,1,Gus Ipul,19,Haji 2017,35,hanura,1,headline,219,HSN 2016,6,Idul Adha,1,Imlek,1,info gadget,1,jakarta,2,Jember,50,Jombang,186,kajatizen,10,Kampus,91,kediri,4,kesehatan,21,khofifah,4,Klinik Kabarjatim,20,Kodam V Brawijaya,1,KPU Jatim,1,Makro mikro,10,Malang,12,metropolitan,35,Natal,3,new terios,1,NU,57,Olahraga,22,Otomotif,36,Pacitan,1,Pamekasan,3,Parlementaria,14,Partai Demokrat,4,Pasuruan,12,PDI Perjuangan,6,Pemprov Jatim,6,pendidikan,159,peristiwa,755,Pesantren,10,Piala presiden,1,Pilbup Bondowoso,6,Pilgub Jatim,159,PLN,1,PLN Jatim,3,PMII,3,PNS,1,polda jatim,3,Polhukam,95,Politik&pemerintahan,114,polres jombang,79,Polrestabes surabaya,4,Property,3,PSHM Jombang,2,Review Film,42,Sampang,65,Science,1,sektor riil,26,sembako,1,Seputar Jatim,208,Seputar Nusantara,69,Seputar Pilkada,43,Sidoarjo,2,Slank,2,slider,2,Softnews,57,Sumenep,4,surabaya,38,techno,53,Terorisme,1,TNI,69,Tokoh,6,Tol,3,Travel Food,63,trenggalek,2,Umrah,2,wagub,2,
ltr
item
KabarJatim: Unej Buka Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan dan Peternakan
Unej Buka Program Studi Teknik Konstruksi Perkapalan dan Peternakan
https://2.bp.blogspot.com/-aoQIXmwKxjo/WoUg3sMj_bI/AAAAAAAAHlQ/y1EgM2ZmjSkDZ1zUDGqYe8_itYfQiNiRACLcBGAs/s320/Unej%2BProdi.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-aoQIXmwKxjo/WoUg3sMj_bI/AAAAAAAAHlQ/y1EgM2ZmjSkDZ1zUDGqYe8_itYfQiNiRACLcBGAs/s72-c/Unej%2BProdi.jpg
KabarJatim
http://www.kabarjatim.com/2018/02/unej-buka-program-studi-teknik.html
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/
http://www.kabarjatim.com/2018/02/unej-buka-program-studi-teknik.html
true
4920518583782559474
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts Lihat Index selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Ming Sen Sel Rab Kam Jum'at Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam yang lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy